10 Cara Optimasi SEO


1. TEMPLATE
Pemilihan template atau tema untuk membangun sebuah blog yang akan di optimasi adalah hal wajib. Template yang memiliki kriteria :

Simple
Elegan
Responsive

Adalah kriteria yang harus ada pada setiap template yang ingin digunakan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan warna yang santai untuk membuat mata pengunjung tidak bosan melihat blog kamu. Usahakan tema memiliki 2 atau 3 warna saja karena dengan begitu blog kamu akan terlihat profesional.


2. KUALITAS KONTEN
Bukan hal aneh jika konten adalah tulang rusuk sebuah blog. Konten yang yang menarik, enak dibaca dan memiliki penjelasan lengkap adalah contoh konten yang berkualitas. Terlagi jika konten tersebut dilengkapi dengan gambar yang menggambarkan isi artikel pada blog.

Konten terbaik untuk di optimasi memiliki kriteria :

Bermanfaat bagi pembaca / pengunjung
Mudah dipahami oleh berbagai usia
Panjang kata lebih dari 700 kata
Kata kunci ada pada isi artikel dan judul
Menggunakan huruf tebal, miring dan standar
Memiliki paragraf dan susunan kata yang rapih
Menggunakan gambar atau ilustrasi atau original

Bila sudah memenuhi kriteria tersebut, menurut panduan webmaster tentu saja artikel pada blog akan disukai oleh Google dan dalam waktu yang singkat artikel juga akan naik ke peringkat teratas pencarian dengan kata kunci yang disesuaikan saat membuat artikel.


3. META TAG
Meta tag adalah sebuah struktur kode yang digunakan Google dan mesin pencari lainnya untuk menemukan sebuah halaman situs web termasuk blog. Meta tag pada blogspot bisa kamu temukan pada pengaturan blog.

Saat ini blogspot sudah menukung penggunaan meta tag deskripsi langsung saat menulis artikel dan deskripsi inilah yang akan muncul pada mesin pencari.

Sebaiknya gunakan kata-kata yang kuat dan menggambarkan bahwa artikel kamu bermanfaat agar pengunjung dari Google meng-klik judul artikel blog kamu.


4. UKURAN FILE GAMBAR

Gambar pada artikel membuat loading yang lambat jika file gambar memiliki resolusi yang besar dan tajam. Karena setiap pengunjung akan men-download gambar tersebut sebelum seluruh tampilan blog dan artikel dimuat dengan baik.

Kamu harus mengoptimalkan dengan cara mengompres (memperkecil) ukuran file gambar menggunakan tools seperti TinyJPG atau Optimizilla karena dua tool tersebut mampu mengompres ukuran gambar hingga 70% tanpa mengurangi kualitas ketajaman gambar. Bisa juga melaui Website Planet yang bisa upload 40 gambar dengan limit 50 Mb

Dengan begitu, beban load halaman blog kamu akan semakin kecil dan semakin cepat.


5. NAVIGASI

Navigasi sama juga dengan menu blog, semaki rapih navigasi semakin mudah pengunjung mencari informasi di blog kamu. Gunakan penempatan navigasi yang pas di header halaman blog dan tempatkan artikel sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Jangan biarkan isi blog kamu berantakan karena jika terjadi, besar kemungkinan pengunjung akan kebingungan dan akhirnya meninggalkan blog kamu. Begitu juga dengan Googlebot yang bingung saat menjelajahi seluruh isi blog kamu.


6. JENIS HURUF

Perhatikan jenis huruf (font) pada blog kamu, semakin enak bentuk huruf untuk dibaca semakin suka pengunjung membaca blog kamu.

Luangkan sedikit waktu untuk mengecek website besar dan periksa huruf apa yang mereka gunakan hingga pengunjung tidak merasa terganggu dengan bentuk huruf-nya.

Kamu juga bisa menggunakan huruf dari Google Fonts untuk diterapkan pada blog kamu.
CATAT : Pada sesi penggantian huruf ini kamu perlu sedikit mengedit template blog.


7. RESPONSIVE
Responsive adalah sebuah keharusan yang ada pada template blog atau web saat ini. Desain responsive adalah desain yang mendukung berbagai jenis ukuran layar dan situs kamu dapat mencocokan ukurannya secara otomatis.

Blogspot sudah memiliki tampilan responsive default tapi itu tidak mungkin digunakan jika kamu memakai template dari luar.

Bagusnya, hampir semua template blogspot saat ini sudah mendukung fitur responseive. Untuk memastikannya, kamu bisa mengeceknya menggunakan Mobile Friendly Test.


8. MAKSIMALKAN SIDEBAR & FOOTER
Kebanyakan tata letak blog memiliki sidebar di sebelah kanan atau kiri artikel serta footer yang biasanya terdapat dua sampai empat kolom.

Manfaatkanlah setiap kolom tersebut untuk diisi dengan apa yang dibutuhkan pengunjung. Jangan letakkan apapun yang tidak diperlukan oleh pengunjung.

Beberapa tata letak yang diperlukan oleh pengunjung adalah :

Artiekl terbaru (sidebar)
Artikel terpopuler (sidebar)
Artikel yang memiliki banyak komentar (sidebar/footer)
Kolom berlangganan artikel / newsletter (footer)
Link penting seperti Kontak / Tentang / etc (footer)


9. VERIFIKASI KEPEMILIKAN BLOG
Beberapa mesin pencarian membutuhkan verifikasi kepemilikan blog atau domain guna untuk mempercepat pengindeksan artikel terbaru.

Ada tiga situs pencarian yang memberikan kamu akses untuk mem-verifikasi kepemilikan blog yaitu :

(i) Google Webmaster
(ii) Bing Webaster
(iii) Yandex Webmaster

Ketiga situs mesin pencari tersebut bisa kamu gunakan untuk mem-verifikasi blog kamu.


10. KIRIM ARTIKEL GOOGLE
Jika blog kamu sudah menerapkan seluruh optimasi SEO diatas, pastikan kamu tidak lupa untuk mengirimkan artikel baru kamu ke Google.
Cukup dengan melakukan Fetch as Google di dalam menu Webmaster dan kirim alamat link artikel.
Maka Google akan segera memprosesnya dan biasanya hanya 1 detik artikel yang sudah di optimasi akan muncul di mesin pencari dan siap bersaing.
Itulah 10 Cara Optimasi Blogspot Agar Mudah Ditemukan Di Google dan mesin pencari lainnya. Sebaiknya kamu memperhatikan tata cara pengoptimalan diatas dengan teliti dan jangan sampai salah dalam pemahamannya

No comments:

Powered by Blogger.