Kenali Lebih Dalam Alergi dan Penyebabnya

Alergi merupakan salah satu keadaan dari tubuh manusia yang cukup mengganggu. Pada dasarnya alergi merupakan sebuah akibat dari adanya kegagalan sistem imune tubuh sehingga menyebabkan bagian tubuh tertentu menjadi sangat sensitif terhadap suatu hal. Artinya, tubuh orang yang menderita alergi akan memberikan suatu reaksi yang berlebihan ketika menanggapi suatu objek benda atau bahan tertentu yang mana bagi tubuh objek tersebut dianggap asing. Meskipun sebenarnya bagi orang lain-lain objek atau bahan tersebut sebenarnya tidak menimbulkan alergi. Objek dan bahan yang menyebabkan alergi ini biasanya disebut dengan istilah alergen. Gejala yang terjadi dari pengidap alergi juga bermacam-macam. Ada yang mengalami gatal-gatal pada tubuh, bintik-bintik merah di kulit, mata memerah, asma, dan lain sebagainya.




Untuk mengetahui seseorang memiliki alergi terhadap suatu alergen atau tidak, biasanya bisa dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Cara diagnosisnya yaitu dengan memberikan alergen tertentu pada pasien sehingga akan menimbulkan simptom yang bisa ditetiliti baik dari wujud nyata simptom atau dari sampel darah yang bisa diambil. Selain itu riwayat dari pasien juga harus disampaikan untuk memperkuat diagnosis menuju tepat sasaran. Karena ketepatan uji lab di atas, belum tentu menunjukkan keakuratan yang tinggi yang mana disebabkan oleh ketidakpastian muncul atau tidaknya simptom atau indikasi setelah pemberian alergen.

Kita kenali, Alergi sendiri sebenarnya adalah salah satu bentuk kejanggalan tubuh yang bisa diperbaiki atau disembuhkan. Biasanya langkah yang harus dilakukan untuk menyembuhkan alergi memang tidak mudah. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dengan hati-hati dan juga oleh praktisi kedokteran yang menguasai tentang hal ini. Karena dalam proses penyembuhannya akan melibatkan obat-obatan tertentu yang bisa berbahaya jika tidak sesuai aturan dalam penggunaannya.Injeksi alergen adalah salah satu cara untuk menyembuhkan alergi yang bisa dilakukan. Imunoterapi alergen menggunakan bahan tersebut, diharapkan akan mampu memberikan efek penetralisir sensitivitas tubuh terhadap alergen tertentu. Selain menggunakan cara di atas, biasanya para penderita alergi akan menyiapkan obat tertentu yang bisa dikonsumsi secara personal tanpa melibatkan dokter. Obat-obatan ini biasanya tidak digunakan untuk menyembuhkan alergi itu sendiri, melainkan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan ketika sedang menderita alergi.

Dari berbagai penderita alergi di seluruh dunia, tentu saja ada banyak macam dari alergi yang bisa menjangkit tubuh seseorang. Sehingga dalam menganalisa baik dari gejala hingga penyembuhannya tentu berbeda-beda. Misalnya untuk seseorang yang alergi terhadap objek mikro yang beterbangan seperti debu atau serbuk sari dari bunga-bunga, biasanya akan mengalami beberapa tanda dan gejala yang relatif sama, yaitu biasanya akan memberikan efek pada bagian tubuh yang terkena udara tersebut seperti kulit, mata, bahkan hingga bagian paru-paru ketika bernafas. Tentu saja gejala dan tanda ini tidak akan sama dengan penderita alergi lainnya. Karena macam alergi memang ada banyak sekali antara lain alergi terhadap bahan makanan tertentu, alergi terhadap gigitan serangga, bahkan alergi terhadap obat-obatan, dan lain-lain.

Alergi bahan makanan merupakan salah satu jenis alergi yang biasa ditemui di sekitar kita. Meskipun sebenarnya alergi ini biasnaya sangat jarang terjadi dibanding alergi pada benda non makanan lainnya. Dari keseluruhan penderita alergi makanan, 90 persen diantaranya biasnaya mengidap makanan yang sama yaitu  antara telur, susu sapi, gandum, kacang kedelai, ikan, kacang tanah, atau udang. Beberapa bahan makanan ini memang sangat sering memberikan efek alergi pada tubuh manusia yang sensitif.

Selain alergi makanan, ada juga alergi non makanan yang juga biasa terjadi pada tubuh manusia. Misalnya adalah alergi terhadap latex atau karet. Biasanya jenis alergi ini akan menyebabkan pemengkakan, gatal, dan panas pada bagian yang terkena bahan tersebut. Uniknya, beberapa orang yang alergi terhadap latex ini, bisa menghilangkan gejala yang timbul dengan menggunakan buah pisang. Namun sayangnya, penderita alergi latex ini juga biasanya akan sensitif terhadap buah kiwi dan alpukat. 

Kelainan sensitifitas atau alergi ini, biasanya juga timbul pada tubuh seseorang dikarenakan faktor keturunan. Biasanya orang tua yang memiliki alergi tertentu, akan memberikan bakat genetik tersebut kepada anaknya. Pada saudara kembar identik juga biasanya lebih dari 60 persen mengalami alergi yang sama jika memang mengalami alergi pada benda tertentu. Bahkan pada orangtua yang tidak memiliki alergi pun, biasanya anaknya akan bisa memiliki bakat mengalami alergi hingga 15 persen.
Untuk mencegah alergi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Misalnya dengan membersihkan lingkungan secara rutin baik di luar atau di dalam rumah. Hindari banyak tumpukan barang karena akan menyebabkan timbulnya debu yang semakin banyak. Serta jangan masukkan hewan peliharaan ke dalam rumah.

Demikian beberapa informasi mengenai alergi dan seluk beluknya. Dengan membaca artikel ini diharapkan dapat menambah wawasan anda terkait alergi. Semoga bermanfaat.

No comments:

Powered by Blogger.