4 Penyakit Ginekologi yang Harus Anda Waspadai



Ginekologi adalah salah satu cabang dari ilmu kedokteran atau kesehatan yang mempelajari tentang segala hal terkait dengan kesehatan dalam sistem reproduksi wanita. Bagi wanita, penting untuk memiliki pengetahuan mengenai ginekologi, karena ketika ada permasalahan dalam sistem reproduksi Anda bisa melakukan pertolongan pertamanya.

Pemeriksaan ginekologi pada dokter spesialis bertujuan untuk mendiagnosis kesehatan vagina, uterus, vulva, indung telur, dan bagian organ reproduksi lain. Jika pemeriksaan dilakukan secara rutin, andai ada penyakit pada organ reproduksi, maka bisa terdeteksi sejak dini. 

Sayangnya, sebagian besar wanita baru datang ke dokter spesialis ginekologi ketika masalah reproduksi melanda. Salah satu contoh kasus penyakit ginekologi yang cukup sering adalah infeksi saluran kemih. Selain itu, sebenarnya masih ada penyakit ginekologi lain yang harus Anda waspadai. Apa saja ya? Berikut ulasannya untuk Anda.

Vaginitis

Vaginitis merupakan peradangan yang terjadi pada area vagina. Gejalanya seperti keluar cairan yang disertai rasa gatal melalui vagina, rasa nyeri pada area sekitar vagina, dan rasa sakit ketika berhubungan seksual. Penyebab dari vaginitis ini, antara lain bakteri vaginosis, infeksi ragi, trikomoniasis, dan juga iritasi.

Infeksi Saluran Kemih

Penyakit yang juga sering menimpa wanita di Indonesia ini umumnya disebabkan oleh bakteri E. coli. Bakteri tersebut menginfeksi saluran kemih dan menimbulkan rasa sakit. Gejalanya antara lain:
-          Merasa lebih sering ingin buang air kecil namun keluar sangat sedikit.
-          Terasa sakit seperti terbakar ketika buang air kecil.
-          Kandung kemih selalu terasa penuh.
-          Terasa nyeri di atas tulang kemaluan sampai terdapat darah dalam urin.

Keputihan tidak normal

Keputihan tidak normal merupakan penyakit ginekologi yang banyak dialami wanita di Indonesia. Gejala yang ditimbulkan, seperti cairan keputihan berlebih, warnanya kekuningan bahkan hijau, baunya tidak sedap, dan vagina terasa gatal. Penyebab dari gangguan ini pun beragam, seperti PMS, bakteri vagioniosis, dan trikomoniasis.

Radang Panggul

Selain ketiga penyakit di atas, radang panggul juga sering menimpa wanita di Indonesia. Bukan hanya di panggul, infeksinya juga sering meluas ke organ reproduksi wanita lain, seperti uterus, ovarium, dan serviks.

Gejalanya, seperti rasa nyeri di perut bagian bawah, demam tinggi, keluar cairan keputihan yang taksedap, sakit saat berhubungan seksual, dan sakit ketika buang air kecil. Penyebab dari penyakit ini adalah infeksi dari klamidia yang dapat ditularkan dari hubungan seksual.

Itulah 5 penyakit ginekologi yang harus Anda waspadai. Jika Anda mengalami gejala seperti yang telah disebutkan, Anda dapat datang ke Klinik Pandawa Jakarta.
Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

No comments:

Powered by Blogger.