Langkah Mengaplikasikan Nano Ceramic Coating


Banyak pemilik kendaraan sering mengeluhkan cat mobil yang gampang kusam atau baret halus. Menggunakan wax mampu membuat kilap mobil bertahan hanya 4-8 minggu saja. Tentu inovasi di bidang perlindungan cat mobil terus dilakukan termasuk penemuan teknologi modern yang sangat membantu yaitu nano ceramic coating. Cairan nano ceramic akan langsung menyerap ke pori-pori kendaraan sehingga lebih tahan lama. Meski cuaca panas atau hujan, cat mobil Anda tidak gampang kusam atau pudar.

Namun, beberapa orang masih berpikir dua kali untuk melakukan proses perlindungan yang satu ini. Alasan utama keraguan tersebut adalah harga nano ceramic yang bisa mencapai 3-5 juta rupiah tergantung jenis kendaraan. Padahal, harga tersebut sebanding dengan kelebihan yang dimiliki yaitu cat mobil Anda tahan lama dalam waktu 2-3 tahun tergantung perawatan. Bisakah melakukan proses coating sendiri untuk meminimalisir biaya? Tentu saja bisa, tapi Anda harus mempertimbangkan hasil coating tersebut.

Ada tiga tahap aplikasi nano ceramic secara umum yang wajib Anda pertimbangkan jika ingin melakukan coating sendiri berikut ini.

-          Persiapan atau deep clean

Cat mobil sebelum dilakukan proses coating pasti sudah kusam atau pudar yang wajib Anda perbaiki terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses deep clean ini adalah menghilangkan jamur, kotoran dan kerak yang menempel pada seluruh bodi dan kaca mobil.

Selain itu, Anda harus memastikan telah menghilangkan baret-baret halus sepanjang bodi mobil agar hasil bisa maksimal nantinya. Munculkan kembali karakter warna asli cat mobil Anda termasuk melakukan autodetailing secara sempurna mulai bagian eksterior dan interior mobil.

-          Pengaplikasian nano ceramic

Langkah yang paling penting adalah proses coating. Jika ingin melakukannya sendiri, Anda harus memastikan bahwa mobil berada dalam ruang yang tertutup dan steril. Suhu udara yang direkomendasikan adalah 21-23 derajat celsius agar tidak terjadi swirlmark dan kendala lain. Hard coating akan menghasilkan tekstur mengeras pada permukaan bodi mobil sehingga cat asli benar-benar terlindungi.

-          Finishing

Langkah terakhir dalam proses coating adalah biarkan mobil kering terlebih dahulu. Setidaknya butuh waktu 3 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk mobil baru, biasanya waktu yang dibutuhkan lebih cepat yakni 2 hari saja. Kondisi mobil bisa lebih dimaksimalkan dengan memberikan sentuhan kilap agar hasil lebih optimal misalnya menggunakan wax atau sealant.

Tiga tahap utama tersebut harus Anda ketahui jika ingin melakukan aplikasi nano ceramic sendiri. Meski telah beredar produk nano ceramic di pasaran dengan tingkat entry level, namun sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan jasa detailing yang terpercaya.


Tenaga ahli dengan kualitas detailing yang tidak diragukan bisa membuat cat mobil Anda benar-benar terproteksi dengan baik. Anda bisa menggunakan jasa detailing berkualitas Auto Lumens Detailer yang siap menangani semua permasalahan proteksi mobil.

No comments:

Powered by Blogger.