Cara Belajar Membaca Anak Paling Cepat dan Efektif


belajar membaca anak


Membaca adalah salah aktiitas yang wajib dimiliki setiap orang. Jadi, mulai dari sejak kecil sebaiknya orang tua bisa mengajarkannya untuk membaca. Kegiatan belajar membaca memang wajib untuk disampaikan dengan menggunakan proses yang terasa menyenangkan. Sebaiknya juga tidak dilakukan dengan memaksa, sehingga bisa menjadikan anak menjadi merasa lebih bergembira. Selain itu juga dapat memberikan stimulasi untuk peningkatan daya kreativitas anak.

Menghadapi perkembangan zaman sekarang ini, setiap orang tua dituntut untuk memberikan pengajaran tentang membaca supaya anak bisa mengalami pertumbuhan dan berkembangan dalam berbagai macam hal . Oleh sebab itu, keterampilan membaca anak ini merupakan salah satu titik awal yang dilakukan guna mengembangkan segala sesuatunya, selain untuk keterampilan motorik dan yang lainnya.

Trik Belajar Membaca Anak Dengan Cepat


Cara mengajar membaca anak yang masih usia sangat kecil sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mengajari anak-anak lain. Cara paling efektif yang bisa anda gunakan untuk mengajari membaca yaitu dengan mengacu pada teori perkembangan anak. Pada teori tersebut, sebelum belajar  anak-anak bisa anda ajak untuk mengenal hal-hal yang bersifat abstrak. Pda umumnya bisa didahului dengan cara memperkenalkan hal-hal yang nyata terlebih dahulu. Selanjutnya perkenalkan yang mengarah pada hal semi konkret. Setelah itu baru mengenalkannya pada hal-hal yang bersifat abstrak.

1. Orang Tua Membiasakan Membaca

Pada saat anda sedang mengajari anak-anak membaca,  sebaiknya terlebih dahulu anda sebagai orang tua membiasakan untuk membacakan sesuatu untuk anaknya. Saat ini sudah banyak jenis buku yang dihadirkan khusus untuk anak-anak usia paud atau anak kecil yang belajar membaca. Sesudah itu, orang tua bisa mencoba mengajarkan serta memberi tahu pada anaknya mengenai buku yang di baca. Anda juga dapat membuat label pada nama benda yang terdapat di dalam rumah. Memang, ini semua perlu dilkukan oleh seorang ibu dengan sabar, suapaya anaknya bisa menjadi lebih berkembang.

2. Dekatkan Anak dengan Buku

Cara belajar anak bisa anda lakukan dengan memberikan waktu membaca buku dengan anak di tiap harinya. Contohnya saja di sela-sela waktu bermain atau bisa juga dilakukan setiap sebelum tidur. Anda bisa menaruh buku pada berbagai area di dalam rumah. Misalnya saja seperti di kamar tidur, pada ruang keluarga, atau di dekat televisi. Dengan demikian, secara otomatis  anak dapat menjadi dekat dengan buku. Tak hanya itu saja,  biasakan juga agar anak bisa selalu membawa buku ketika sedang bepergian. Dengan demikian,  anak juga dapat membaca buku ketika sedang berada di dalam mobil atau pun pada saat berada di mna saja. Pilihlah jenis buku yang sesuai dengan usia yang dimiliki anak tersebut.

3. Membuat Buku Sendiri

Apabila anda termasuk orang tua yang pandai dan kreatif dalam menggambar, maka anda bisa mencoba membuat komik sederhana untuk anak anda. Contohnya saja mengenai  anak yang sedang bermain bola, bisa juga anak yang sedang pergi ke sekolah, dan lain sebagainya.  Anda bisa membiarkan melihat proses  anda pada waktu menggambar dan menulis cerita. Hal ini bertujuan supaya bisa menumbuhkan ketertarikannya untuk kegiatan membaca, menulis, serta kegiatan menggambar.

4. Jadikan Membaca Sebagai Aktivitas Sehari-hari

Cara belajar membaca anak bisa anda lakukan dengan membiasakan anak membaca di berbagai macam kesempatan. Contohnya saja ketika pagi hari waktu sarapan, anda bisa mengajak anak untuk membaca tulisan yang terdapat di kemasan makanan. Dari mulai nama produk, hingga pada instruksi makan. Atau ketika anda sedang lewat di jalan, anda bisa mengajaknya membaca tulisan yang ada di sekitar jalan.

No comments:

Powered by Blogger.