Mengenal ABS pada Motor Keluaran Yamaha


ABS merupakan kependekan dari Anti-lock Breaking System. Sistem ini merupakan sebuah sistem keamanan yang saat ini banyak digunakan pada produk kendaraan bermotor. ABS merupakan fitur keselamatan yang berfungsi ketika anda mengerem sepeda motor anda. Fitur ini memungkinkan roda untuk tidak mengunci saat anda mengerem mendadak.

Kita tahu bahwa mengerem mendadak ketika menaiki sepeda motor sangatlah berbahaya. Anda bisa jatuh tergelincir karena tiba-tiba menarik rem. Kondisi ini akan semakin parah jika anda berkendara di jalanan yang licin. Fitur ABS akan membantu menjaga keamanan anda dalam kondisi seperti ini. Jadi, anda bisa tetap mengerem dengan aman bahkan saat kondisi jalanan licin.


Sebagian besar kecelakaan motor terjadi ketika pengendara terselip saat melakukan pengereman mendadak. Apalagi saat jalanan dalam kondisi licin, ban motor bisa mudah tergelincir ditambah anda melakukan pemberhentian secara mendadak. Motor dengan fitur ABS akan melindungi anda dalam kondisi jalan apapun.

Kelebihan

Fitur yang satu ini memiliki banyak kelebihan. Sudah terlihat dari penjelasan sebelumnya bahwa sistem ini bisa membantu membuat kendaraan tetap stabil walaupun anda melakukan pengeremen secara mendadak. Jadi, jelas sekali kelebihan pertama dari fitur ini adalah mampu menjaga anda tetap berkendara dengan aman dan menghindari anda tergelincir saat mengerem tiba-tiba.

Karena proses pengereman bisa berjalan dengan aman bahkan di jalanan yang licin, maka anda bisa berkendara dengan cepat. Anda bisa lebih cepat sampai di tempat tujuan. Meskipun bisa berkendara dengan cepat, namun anda tetap harus berhati-hati.

Motor yang sudah dilengkapi dengan fitur ABS bisa berjalan dengan stabil. Biasanya motor yang tanpa ABS terlihat berjalan meliuk-liuk apalagi pada kondisi jalan yang licin dan tidak stabil. Namun dengan adanya fitur ini, motor bisa berkendara lurus dan tetap stabil.

Kelemahan

Meskipun ada banyak kelebihan yang ada, namun fitur ini juga tetap memiliki kelemahan. Ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh fitur ini. Salah satunya adalah fitur ini membuat pengendara menjadi percaya diri untuk berkendara dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ini bisa menjadi kebiasaan buruk dan meningkatkan resiko kecelakaan.

Kelemahan berikutnya adalah fitur ini tidak bisa berjalan dengan optimal jika anda sedang berkendara di jalanan di permukaan yang tidak rata. Misalnya, saat anda berkendara di jalanan yang berkerikil, fitur ini tidak akan bisa menjamin anda bisa melakukan pengereman dengan aman dan stabil.

Selain itu, ada lagi kelemahan lainnya yang dimiliki oleh fitur yang satu ini. Fitur ini tidak bisa berjalan secara optimal jika anda melakukan pengereman mendadak pada jarak dekat. Perlu diketahui bahwa fitur ABS bisa bekerja dengan cara mengirim sinyal ke modulator jadi kalau anda mengerem dalam jarak dekat maka fitur ini tidak bisa langsung bekerja.

Sistem Kerja

Fitur ABS banyak digunakan pada produk motor saat ini salah satunya adalah produk motor keluaran Yamaha. Ada beberapa motor Yamaha yang menggunakan fitur ini yaitu Yamaha NMAX, Yamaha Aerox, dan Yamaha FreeGo. Selain itu, masih ada banyak lagi motor keluaran Yamaha yang juga memakai fitur keamanan ini.

Fitur ABS bisa bekerja dengan baik karena adanya sensor canggih yang bertugas melakukan deteksi roda mengunci. Selanjutnya, jika sensor sudah menangkap sinyal maka akan dilakukan pengiriman sinyal ke modulator. Modulator lalu akan memberikan perintah kepada piston rem. Piston rem lalu akan membuat tekanan minyak rem mengendur.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.