Mengetahui Cara Mengatasi Bayi Cegukan Di Usia 0 Bulan


mengatasi bayi cegukan


Bayi yang baru lahir terkadang memiliki banyak sekali permasalahan yang menjadikannya rewel. Salah satunya yaitu cegukan. Namun, tidak semua bayi yang cegukan akan menjadi rewel. Terkadang banyak bayi usia 0 bulan yang mengalami cegukan tapi bayi tersebut biasa-biasa saja dan tidak terganggu. Namun, jika cegukan bayi terjadi secara terus-menerus hingga disertai dengan muntah, maka cegukan tersebut harus segera diatasi. Cara mengatasi bayi cegukan di usia 0 bulan ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.

Cara Mengatasi Bayi Cegukan


Untuk mengatasi bayi cegukan, anda semua bisa mencoba melakukan berbagai cara seperti berikut ini;

1. Menggosok Punggung Bayi dengan Lembut

Mengatasi bayi cegukan dapat dilakukan dengan cara menggosok punggung bayi dengan lembut, jadi bayi juga lebih merasa lebih nyaman. Tekanan di  bagian punggung yang cukup berat ini ternyata dapat membantu udara banyak yang masuk pada perut bayi akan keluar.  Ketika mendapat tekanan dan sentuhan halus pada bagian punggung, bayi tersebut bisa bersendawa.  Dengan demikian bisa menjadikan cegukan yang dialami bayi cepat sembuh. Di dalam melakukan cara ini, sebaiknya anda bisa melakukannya dengan hati-hati. Sebaiknya anda jangan memukul bagian punggung bayi dengan berlebihan.  Tekan saja dengan lembut supaya bayi yang cegukan tidak kesakitan.

2. Coba Berikan ASI atau Susu Formula

Mengatasi bayi cegukan bisa anda lakukan dengan cara memberikan ASI atau susu formula pada bayi.  Yang menjadi penyebab bayi mengalami cegukan yaitu pada saat bayi merasa kehausan, sehingga pada bagian tenggorokan bayi bisa menjadi kering. Untuk mengatasinya, anda dapat memberikan ASI secara langsung dari payudara. Anda juga bisa mencoba memberikan ASI perah yang telah dimasukkan pada dot. Atau bisa juga anda memberikan susu formula menggunakan dot. Lakukan dengan berhati-hati supaya bayi tersebut tidak tersedak.

3. Memijat Lembut Alis Bayi

Untuk mengatasi dan menghentikan cegukan pada bayi bisa dilakukan dengan cara memijat lembut pada bagian alis bayi. Cara ini sangat baik diterapkan karena bisa membantu bayi bisa bernafas dengan baik. Pijatan lembut di bagian alis bayi dapat menjadikan pernafasan bayi memiliki sensasi yang menyenangkan.  Pada umumnya, bayi juga dapat merasa lebih tenang, selanjutnya cegukan tersebut bisa sembuh sendiri..

4. Perhatikan Apabila Bayi Kerap Menangis

Pada saat bayi kerap menangis, maka bisa saja bayi tersebut mengalami cegukan yang lebih sering. Dalam mengatasi hal tersebut, maka seorang ibu jangan membiarkan bayi menangis dalam waktu yang terlalu lama. Pada saat bayi menangis, ada banyak udara yang masuk pada mulut bayi sehingga menyerang ruang pernafasan bayi. Hal seperti ini dapat membuat bayi mengalami perut kembung, bahkan bayi bisa mengalami cegukan dengan lebih parah. Oleh sebab itu, apabila bayi kerap menangis maka jaga supaya bayi anda bisa lebih cepat tenang. Biarkan bayi di dekat orang tua supaya bisa  tetap tenang.

5. Mencoba Merubah Posisi Menyusui

Apabila bayi kerap mengalami cegukan sesudah minum ASI secara langsung, sebaiknya anda merubah posisi menyusui dengan benar. Posisi menyusui yang kurang tepat ternyata dapat mengakibatkan banyak udara yang masuk pada saluran pernafasan bayi.  Selain itu bisa menjadikan bayi menjadi tidak nyaman. Bahkan juga bisa mengakibatkan bayi gumoh sesudah minum susu.  Maka dari itu, anda bisa memilih posisi menyusui yang benar sesui dengan usia bayi, kondisi bayi serta cara yang paling nyaman bagi bayi.  Usahakan anda menekan payudara supaya aliran air susunya tidak terlalu deras.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.