PERANGKAT KERAS KOMPUTER DAN FUNGSINYA


Dalam dunia komputer, pengertian dari hardware atau perangkat keras adalah komponen fisik yang membentuk sebuah system komputer. Hardware sendiri mempunyai sifat yang berbeda dengan software yaitu dapat dilihat, di pegang dan berbentuk nyata.


Penyusun dari komputer yang berasal dari perangkat keras ini tidak hanya perangkat yang ada di dalam komputer saja tetapi juga semua perangkat yang berhubungan komputer dan bersama-sama menjalankan fungsi dari komputerisasi dengan baik. Perangkat keras komputer terdiri dari beberapa bagian yang meliputi input, proses dan output.


Setiap bagian dari perangkat keras ini memiliki fungsinya masing- masing yang bekerja bersama- sama memenuhi tujuan komputerisasi. Selain perangkat input, processor dan output, terdapat pula perangkat aksesoris yang mendukung kinerja computer, seperti LAN Card, Harddisk, Memory Card, Card Reader, dan sebagainya. 


Perangkat keras computer dan fungsinya tersebut bekerjasama untuk menjalankan program computer agar tercapai tujuan utamanya.


MACAM-MACAM PERANGKAT KERAS KOMPUTER DAN FUNGSINYA


Berikut akan dijelaskan beberapa perangkat keras penyusun computer tersebut, yaitu :


PERANGKAT INPUT KOMPUTER


Beberapa perangkat keras yang menjadi bagian dari input untuk perangkat keras komputer dan fungsinya yaitu :


      1.       Keyboard


Keyboard ini merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk memberikan masukan data berupa tulisan. Jika anda menulis atau mengetik menggunakan keyboard maka computer akan membaca perintah masukan yang anda tulis atau ketik. Kemudian perintah ini segera diberikan ke perangkat proses hingga ke output. 


       2.       Mouse


Mouse merupakan perangkat keras input yang berfungsi sebagai media penggerak kursor. Perangkat keras computer yang satu ini juga menjalankan fungsi klik, double klik dan scroll.


       3.       Microphone


Microphone merupakan perangkat keras input yang berfungsi untuk memasukkan data audio pada komputer. Perangkat keras computer yang sati ini kebanyakan digunakan untuk keperluan multimedia.


       4.       Webcam


Webcam merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pengambil data foto maupun video dan dimasukkan dalam computer untuk di proses. Ada banyak ssekali model webcam dipasaran dan yang membedakan disini adalah kualitas gambar atau video yang dihasilkan



PERANGKAT PROSES KOMPUTER


Setelah komputer menerima perintah masukan maka selanjutnya computer akan melakukan perintah proses dengan menggunakan beberapa perangkat keras komputer dan fungsinya sebagai berikut :


      1.       Prosesor (CPU)


Prosesor merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengontrol seluruh proses dari sebuah system komputer . Perangkat ini merupakan otak dari sebuah komputer sehingga disebut sebagai CPU. Perangkat ini berfungsi untuk menjalankan perintah proses dari masukan yang diterima oleh computer hingga bias menjadi output. Suatu perangkat komputer kinerjanya akan sangat dipengaruhi oleh kecepatan dari prosesor.


       2.       Motherboard


Motherboard adalah perangkat keras yang berupa papan sirkuit yang menghubungkan setiap perangkat keras pada sistem komputer dan dilengkapi dengan chip BIOS


       3.       RAM


RAM merupakan suatu perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara pada komputer. Masukan data anda yang diterima oleh computer akan disimpan sementara di RAM dan selanjutnya akan diteruskan ke bagian proses dan output



PERANGKAT OUTPUT KOMPUTER


Perangkat output ini berfungsi untuk memberikan keluaran dari serangkaian perintah input dan proses . macam- macam perangkat keras komputer yang merupakan perangkat output yaitu :


        1.       Monitor


Monitor adalah perangkat output berupa layar yang akan menampilkan hasilkerja dari komputer. Monitor memiliki ukuran dan resolusi yang berbeda- beda. Jenis monitor yang dikenal pada umumnya yaitu monitor CRT dan monitor LCD


      2.       Speaker


Speaker adalah perangkat output yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemrosesan kartu suara berupa suara. Adanya perangkat ini dapat membuat hasil suara dari proses computer bias menjadi lebih bagus dan bias didengar oleh penggunanya.


      3.       printer


perangkat output selanjutnya adalah printer, fungsinya  sebagai alat untuk mecetak hasil pengolahan data dari komputer . hasil yang dikeluarkan dari printer bisa berupa cetakan data atau dokumen dan gambar.



Itulah perangkat keras komputer dan fungsinya yang perlu anda ketahui agar bias menjalankan komputer dengan benar sekaligus bias merawatnya.




No comments:

Powered by Blogger.