Tips Mudah Membuat Desain Logo untuk Pemula



Semua perusahaan atau perorangan yang menjalankan sebuah bisnis memang membutuhkan logo. Logo digunakan untuk menggambarkan sebuah bisnis dan membuat bisnis menjadi lebih terkenal karena identik dengan tanda tertentu. Namun semua pemilik bisnis belum tentu bisa membuat logo sendiri, sehingga mereka membutuhkan jasa untuk desain logo.

Tapi tentu saja membuat desain logo tidak mudah. Ada beberapa pertimbangan desain termasuk untuk desain grafis yang harus dipikirkan. Kemudian anda juga harus melihat apakah logo itu sempurna atau tidak. Bagi pemula maka ini bisa menjadi langkah yang bisa membuat putus asa. Namun jangan khawatir, di bawah ini ada beberapa tips mudah membuat desain logo untuk pemula, simak baik-baik ya!

Pelajari Apa itu Logo dan Apa yang Diwakilinya

Sebelum anda mendesain logo, anda harus mengerti apa itu logo, apa yang digambarkannya, dan tujuannya. Logo bukan hanya tanda, sebuah logo merefleksikan merek iklan bisnis melalui penggunaan bentuk, tulisan, warna dan atau gambar.
Logo berguna untuk mengundang kepercayaan, pengakuan, dan kekaguman terhadap sebuah perusahaan atau produk. Adalah tugas desainer untuk menciptakan logo yang menggambarkan aspek-aspek itu.

Lihat Apa yang Harus dilakukan

Ketika anda membuat logo sebagai latihan atau untuk klien maka semua langkah harus disusun dengan perlahan. Jangan pernah melakukan semua pekerjaan dalam waktu yang sama sehingga hasilnya tidak baik. Lebih baik untuk melihat apa yang anda butuhkan termasuk jika Anda bekerjasama dengan klien. Lihat apa yang diinginkan oleh klien. Lalu lihat bagaimana desain logo yang diinginkan oleh klien. Bahkan anda bisa mencoba melakukan beberapa penelitian sebelum memulai untuk bekerja. Anda juga harus melihat karakter logo, apakah itu termasuk bentuk tulisan atau simbol khusus. Periksa link ini untuk mendapatkan informasi tentang iconfinder dan Flaticon.

Belajar Membuat Konsep

Ini merupakan tahap belajar yang memang terlihat paling mudah tetapi dalam pelaksanaannya bisa dikatakan cukup merepotkan. Belajarlah membuat konsep logo dari yang tersimpel, mudah dan tidak terlalu ribet. Mengingat kriteria logo yang baik dan benar salah satunya adalah konsep logo yang simpel dan sederhana. Dalam pembuatan konsep sebuah logo, bisa bermula dari coret-coretan di kertas kosong dengan berbagai konsep. Sebuah konsep logo yang benar adalah logo yang singkron dengan sipemilik logo, dalam arti kata lain selain belajar membuat konsep anda juga bisa belajar menentukan untuk siapa logo yang akan dibuat. Selain membentuk sebuah pola logo anda juga bisa langsung belajar mewarnai logo dimedia kertas yang sudah anda bentuk pola logonya. Begitu juga dengan konsep pola logo, warnapun harus sesuai dengan untuk siapa logo tersebut dibuat.

Belajar Dasar Software untuk Membuat Logo

Ada beberapa software yang bisa digunakan dalam pembuatan logo, saya tidak menyarankan anda membuat logo secara instan melalui online ataupun aplikasi penyedia logo gratisan. Karena memang selain logo yang diciptakan merupakan logo pasaran atau biasa disebut logo generik yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang tetapi kreativitas pemula juga tidak bisa lebih berkembang.
Seperti yang kami sebutkan diatas, ada beberapa software yang bisa digunakan dalam pembuatan logo, tetapi secara umum banyak desainer yang menggunakan 3 software diantaranya Corel Draw, Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop. Anda bisa pilih salah satu dari ketiga software tersebut yang sekiranya lebih mudah. Tidak perlu belajar sampai mahir, tetapi untuk seorang pemula cukup belajar dasar-dasar nya saja. 

Belajar Mendesain Logo Langsung di Software

Setelah belajar dasar software membuat logo dan belajar membuat konsep logo, anda bisa langsung belajar eksekusi menggambar atau mendesain sebuah logo kedalam software pembuat logo. Sebagai contoh jika anda menggunakan software Corel Draw, maka anda bisa langsung belajar mendesain logo kedalam aplikasi atau software Corel Draw. Saya rasa tidak terlalu sulit jika anda sudah mempelajari atau sudah menguasai kedua tahap belajar diatas.

Itulah hal-hal yang harus dipelajari seorang pemula dalam pembuatan logo, jika salah satunya tidak bisa dikuasai atau dipelajari seorang pemula maka saya berasumsi seorang pemula tidak akan bisa membuat logo, dengan kata lain hal-hal diatas merupakan hal-hal yang sangat penting dalam pembuatan logo.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.