Cara Membuat Donat Kentang yang Gurih dengan Mudah


Donat merupakan jenis kue yang banyak disukai hampir di semua kalangan. Donat kentang salah satu jenis donat yang menjadi pilihan. Anda bisa mencoba untuk membuat donat kentang ini di rumah. Berikut cara membuat donat kentang yang gurih dengan mudah.

Bahan-Bahan yang Disiapkan
1.     500 Gram tepung terigu segitiga biru yang terbagus
2.     50 Gram susu bubuk bisa dipilih susu apa saja
3.     11 Gram ragi instan atau fermipan
4.     100 Gram gula halus untuk adonan
5.     200 Gram kentang kukus yang telah dihaluskan lalu didinginkan di dalam suhu ruang
6.     4 Telur yang diambil hanya bagian kuning telurnya saja
7.     100 Ml air es dimasukkan ke dalam wadah
8.     75 Gram mentega yang kualitas terbaik
9.     1/2 sendok teh garam
10.  Siapkan topping, bisa gula halus atau mesis sesuai dengan selera.

Cara Membuat Donat Kentang
1.   Sediakan wadah yang ingin digunakan untuk membuat adonan. Gunakan wadah yang besar agar lebih mudah membuat adonan. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula dan ragi instan ke dalam wadah. Setelah itu aduk sampai adonan menjadi rata. Saat mengaduk adonan sebaiknya Anda menggunakan plastik atau sarung tangan agar tidak lengket di tangan.
2.    Haluskan kentang yang akan digunakan. Pilihlah kentang yang bagus tanpa ada kerusakan agar menghasilkan donat yang lezat. Setelah dihaluskan masukkan kentang tersebut ke dalam wadah.
3.    Setelah itu masukkan kuning telur yang telah dipisah dengan bagian putihnya ke dalam wadah. Setelah selesai langsung masukkan air es dan aduklah adonan sampai menjadi rata serta telah berbentuk setelah kalis.
4.     Setelah itu barulah Anda memasukkan mentega dan garam sesuai dengan takarannya. Aduk kembali adonan sampai semuanya merata. Jangan lupa juga untuk memasukkan ragi.
5.    Setelah selesai, diamkan adonan tersebut selama lebih kurang 20-30 menit. Kalau bisa tutuplah adonan dengan menggunakan  kain agar tidak terkontaminasi udara.
6.  Begitu waktunya habis, Anda bisa membentuk adonan sesuai dengan selera. Bisa melakukannya secara manual atau pun menggunakan pencetak donat agar lebih praktis dan lebih cepat.
7.   Setelah itu selesai, Anda harus mendiamkan kembali adonan yang telah dibentuk tersebut selama 20 menit. Selama didiamkan, pastikan Anda memasukannya dalam wadah dan menutup agar proses pengembangan donat lebih maksimal.
8.     Setelah dirasa cukup Anda bisa menggorengkan donat. Cara menggorengnya ini gunakanlah minyak yang masih baru agar warnanya tetap terjaga. Saat menggorengnya pastikan Anda menggunakan api yang kecil. Gorenglah donat sampai bentuknya kuning keemasan.
9.     Setelah selesai tiriskan donat tersebut sampai tidak ada lagi kandungan minyaknya.
10.  Setelah itu Anda bisa meletakkan donat atau menyusunnya ke dalam wadah yang besar. Oleskanlah topping yang akan digunakan untuk kentang donat ini. Anda bisa menggunakan gula halus yang dilumuri ke bagian donat secara menyeluruh.
11.  Bisa juga dengan membuat donat menggunakan topping mesis. Oleskan terlebih dahulu mentega secukupnya setelah itu baru taburkan mesis di atas donat dengan merata. Anda bisa mengombinasikan warna mesisnya agar mendapatkan donat yang lebih lezat.

Cara membuat donat kentang ini bisa dilakukan dengan mudah. Anda tidak perlu terburu-buru karena proses membuat donat memang sedikit lebih lama. Donat ini bisa disajikan untuk sarapan atau pun camilan di sore hari. Pastikan saja Anda menggunakan mentega yang terbaik agar hasilnya memuaskan. Bisa mendapatkan informasi mentega terbaik di blueband.co.id.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.